Wednesday, April 08, 2015

Beberapa Catatan Proposal (Kuliah Metodologi Penelitian)

Pada mata kuliah Metodologi Penelitian, saya menerima beberapa proposal penelitian yang akan digunakan sebagai tugas akhir dan skripsi. Berikut adalah beberapa catatan saya tentang proposal-proposal skripsi yang diajukan tersebut.

Judul Skripsi

Judul jangan “produk oriented”. Misal : “menggunakan Bahasa Pemrograman Java”, “berbasis PHP dan MySQL”, “Berbasis .NET”, dll. Dianjurkan menggunakan basis penerapan teknologinya, misalnya "Berbasis Mobile", "berbasis SMS Gateway", dan sebagainya.

Judul juga jangan terlalu umum. Harus lebih spesifik mengarah ke detail penelitian seperti metode yang digunakan atau kekhususan penelitian. Contoh judul yang umum : Perbandingan IP Address V.4 dan V.6, Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Kampus, Perancangan Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Web, dan sebagainya. Strategi : cari kekhususan yang menjadi nilai lebih penelitian Anda (yang lain dari yang lain).

Latar Belakang Masalah

Latar Belakang Masalah harus menyentuh ke “mengapa topik tersebut penting?”.
Misal : penting untuk memecahkan masalah tertentu atau untuk pengembangan ilmu di bidang tertentu. Usahakan minimal 3 alenia (pengantar, masalah, dan kesimpulan pentingnya penelitian). Keterkaitan antara Latar belakang, rumusan masalah dan tujuan harus nyambung.

Tinjauan Pustaka.

Tinjauan pustaka berisikan (a) Penelitian terdahulu dan (b) Landasan Teori. Setidaknya 1-2 halaman. Tinjauan Pustaka belum banyak yang menggunakan teknik ACUAN.
Metode Penyelesaian Masalah jangan dimasukkan dalam Tinjauan Pustaka.

Bagi yang akan merevisi proposal saya tunggu paling lambat Sabtu 7 April 2012, jam 16.00 WIB. Email ke teguhsalatiga@yahoo.com.

No comments: